Mainan Baru

Dapet hibahan Raspberry Pi 4 Model B Ram 2GB. Karena istri mau nonton youtube “layar lebar”, akhirnya dicolokin ke TV, padahal niatnya untuk CCTV. Dan tv 24″ saya jadi smart tv deh 🙂 Rencananya nanti mau dibeliin IR receiver + Remote, atau mungkin lebih enak pake wireless keyboard+mouse yg kecil yah? Maklum, jiwa programmer, jadi maunya bikin program utk receiver remote biar bisa gerakin kursor mouse. Dan untuk keyboardnya rencananya mau pake cara sms jaman dulu, pake keypad angka 0-9.

Belum punya casingnya, jadi ditaro di kardus.

Tapi dari sisi software, udah ada beberapa tambahan:

  • Apache2
  • MySQL Server
  • Motion (untuk motion capture cctv)
  • NodeJS (upgrade versi 13)
  • TIddlyWiki (versi nodejs)
  • Fossil (utk hosting version control)
  • ICEcoder (self-hosted web based text editor)
  • PhpMyAdmin
  • TOR (biar bisa diakses dari luar).

Service yg di-open cuma SSH. Jadi saya ssh lewat TOR, abis itu daftarin client2server port forwarding untuk VNC, TIddlyWiki, Fossil, MySQL, Web (motion + icecoder + dll).

Awalnya mau self-hosting file2 program web yg saya buat, karena kalo tiap edit harus download, edit, lalu upload saya rasa agak ribet saya mau langsung edit remotely aja. Saya belum familiar pake VIM (yg udah terinstall), dan saya rasa nano terlalu “plain” untuk editor source-code. Mau masang slap (teks editor di terminal yg mirip sublime text) ternyata error terus, katanya cuma bisa masang kalo downgrade nodejs ke versi 6.

Akhirnya karena sudah mentok sana-sini saya pasang aja ICEcoder, web based text editor yg lumayan bagus, apalagi saya cuma mau edit file javascript atau php aja. Dan karena saya aksesnya lewat port forwarding ssh + tor jadi dijamin aman. Udah gitu ssh saya set cuma bisa masuk pake public+private key.

Sebenernya saya mau masang sync folder ke cloud storage, tapi belum dpt yg enak utk Raspbian, biar file-file fossil bisa backup otomatis.

Kaya’nya saya harus punya server nih, soalnya kalo mau make Raspberry Pi untuk server tuh gimana gitu.. Saya seneng pake Raspberry Pi cuma karena bentuknya bener2 compact, bisa ditaro dimana aja, kalo server beneran kan menyita ruang yg sudah sangat sempit, apalagi saya punya banyak kucing (baca: 23 ekor) jadi kalo ada benda2 yg gede dikit, pasti didudukin. Dan Raspberry Pi yg bisa digantung di dinding jadi solusi alternatif, toh file2 yang mau saya simpen di “server” saya cuma source-code yang tidak memakan banyak storage.

Beli servernya nanti aja, kalo udah punya ruangan sendiri untuk server. Udah ah.

144total visits,1visits today

Leave a Reply

sedjat1